10/02/11

PERJALANAN KU (Antara Aku dan Kehidupanku)

Sekedar Buat Berbagi..........

Skw 2010
Syukur yang mendalam kepada Allah SWT. Alhamdulillah, inilah kata pertama yang musti aku (Penulis) ucapkan atas RidhoNya dan Karunia Sang Pencipta Kehidupan. Terima kasih semuanya, Terima kasih buat Ibuku, Bapak ku, Guru-guruku dan buat kamu-kamu semua yang menjadi Inspirasiku. TerimaKasih.
Cerita ini berisikan perjalananku, ya sekedar cerita biasa-biasa aja sih.. sebenarnya sudah lama ingin menulisnya tapi oleh karena, dan karena ya gitu deh.  Mengapa aku tulis tentang ini??tentang apa?? Yang tentang diriku.. semoga berguna buat kamu dan aku juga, Amin
Berawal ku tulis cerita ini karna ada waktu luang “sekitar ± 60 menitan” pada hari ini Kamis, 10 Februari 2011, pukul 14.00 wib Ketika aku berada di meja kerja ku, Bag. Hukum Setda KKU. Hemmm  pasti anda2 sekalian pada mikir? Koq ada waktu luang??Koq nggak kerja?? Ya inilah aku kalo lagi santai (kerja’n Q udah beres), hari ini aku di ditinggal teman2 diruangan mereka pada Dinas luar.. ya sekarang giliran aku yang jaga kandang, kandang??? kandang apa ya?? Kandang Macan aja la, coz biasanya orang hukum galak2, ckakakaa. Hadoh ribet banget awalnya, tugas yang biasa dikerjain si A, si B sampe Z hihihiii musti ku kerja’n sendiri ya nggak apa2 itung2 cari pahala n saling membantu.
Dah ah, sekarang aku ingin memulai petualangan hitam putih kehidupan ku dari lahir sampai sekarang!! Toeng??? bakal sampai subuh ne cerita kalo semua dibeberin, hahahaa. Ya nggak la, ne cerita berawal dari aku menginjak bangku Sekolah Menengah Kejuruan.. eh iya perkenalin nama ku M. ARIF SAPUTRA biasa di panggil AYEK (nama mahluk Planet Mars) ckakakkakaa, Alumni SMK N 2 KETAPANG Jurusan Teknik Mekanik Otomotif (jurusan Terfavorit ‘n Unggulan lho). Awalnya aku nggak Ngeh dengan yang namanya SMK, aku sih pengennya masuk SMA tapi setelah dipikir2,ditimbang2,dan di Kaji akhirnya aku putusin masuk SMK 2 ini, ya Taon2 pertama sih seperti di NERAKA (kaya udah ngerasain Neraka jak) na’auzubillah abisnya ditaon Pertama inilah aku dan teman2 ku merasakan Kedisiplinan Militer, dari mulai Pengajarnya (pengajarnya aja Pak Tentara), Kakak Kelas dan Guru Kesiswaannya juga, heemmm pokoknya nggak boleh salah dikit, Pasti nerima Hukuman.. satu orang aja yang salah semua ikutan dihukum, manas ndak belawanlah. Satu taon pertama ini rambut pelontos alias Botak nggak boleh lebih dari 1 cm tiap pagi dan siang mau pulang pasti Apel mendidih2lah Kepala, kalau telur di taruh di kepala ne dijamin masak Hehehe ciri2 anak smk dulu : Botak, Hitam, berkeringat cukup sudah untuk krikteria Jelek. Setelah naik tingkat penindasanpun sudah mulai berkurang, naik tingkat lagi kekelas tiga barulah merasakan Nikmatnya Sekolah, nikmatnya jadi Senior dsb deh.. Perlu di ketahui walaupun Aku udah jadi senior waktu itu, aku nggak pernah yang namanya usil/mau tau hal orang/sok-sokan,melarang-larang, menghakimi adik kelas ato benterok sama jurusan lain, Aku masa bodo dengan urusan orang mau ngapa!!yang penting nggak gangguin aku aja. Disini aku dan teman2 mulai bertabiat yang aneh2 maklum Anak Baru Gede alias ABG, dari mulai Merokok dalam kelas walaupun ada guru didepan kelas, tidur-tiduran di UKS, Bolos seminggu 1-2 x (tergantung yang ngajar juga sih) hehe, loncat pagar tiap hari, manjatin atap dek demi ngindarin apel n  razia scol tiap harinya. Hah alhmdulillahnya aku dan teman2 nakalnya masih dalam batas wajar lagian Otak, Skill boleh di Adu (emang ayam).. Banyak definisi, Ocehan, cemoohan Basi yang kami terima dari mulut2 orang yang nggak bertanggungjawab.. tapi kami tidak penah merasa kecil hati menerimanya, aku dan teman2 bangkit n ingin membuktikan kepada dunia kalau aku juga bisa, dan memberi Jawaban atas tudingan orang-orang basi tsb. Sekarang tibalah hari mendebarkan yaitu menghadapi UJIAN NASIONAL dan UJIAN KOPETENSI dan akhirnya Hasil yang Aku dan Sahabat2 Karibku terima adalah Lulus dengan Nilai yang Memuaskan, Itulah pembuktian buat orang2 yang udah merendahkan kami (sombong dikit), hehehe… tamat dari sini aku dan teman bertujuh kalau ndak salah berarti benar mengikuti Tes Ikatan Dinas PLN se Kalbar kalo ndk salah lagi, he… alhmdulillah Cuma dua orang diantara kami bertujuh yang lulus sampe akhir, ya sebut saja namanya Kharisma X dan Raga Teovanega mereka berdua emang Pinter dikit dari aku sih, hehehe… dari sini mulai fikiran ku teraduk-aduk, timbul pertanyaan dalam hati “Mau Kemana Aku?? Mau Jadi Apa Aku?? Binggung menyelimuti!!! “Hidupku Bagaikan Layang-layang yang putus ngambang terbawa angin, ntah kemana jatuhnya” Pada saat itu nggak ada niat pengen kuliah, ato apa mau nya langsung kerja.. padahal Ortu pada saat itu ingin sekali menguliahkan diriku, tapi oleh karena Egoku terlalu tinggi ya gitu d (saran bwt teman2 : Kuliah aja dulu, Pendidikan itu penting banget).  Terbaring aku ditempat tidur dengan fikiran tak tentu rudu dan tatapan mata yang kosong memandangi langit –langit kamar ku, tak lama kemudian masuklah seorang wanita yang sangat aku sayangi dan aku hormati yang biasa aku memanggilnya dengan sebutan IBU. Seorang yang tak terganti, disini ibu memberikan aku masukan tentang Tupoksi Kehidupan didunia ini, masukan demi masukan aku terima tak lama kemudian beliau dengan lirih bertanya: “Nak, kalau seperti ini terus kamu mau jadi apa??Hatiku tersayat2, sedih bercampur adok pada pertanyaan itu..dengan tulus dari hati yang paling dalam aku menjawab “Aku mau jadi orang yang bermanfaat, berkah & berguna bagi semua orang terutama sama keluarga, orang yang berpengaruh, sukses dunia dan akhirat aku ingin kerja yang layak berada di dalam ruangan ber-AC, menghadapi computer, berpakaian yang bersih rapi” Ibuku hanya tinggal meng-AMIN kan dan berkata “Yakinkan hati & Kejar Mimpimu nak, Allah Maha Besar dan Segalanya, tidak ada yang tidak mungkin di Dunia ini, Buatlah dirimu menjadi berkah bagi seseorang, tak perlu takut dengan realita yang ada tapi munculkanlah keyakinan, kegagalan adalah penundaan Bukan kekalahan”.. dsb nya la. Selang beberapa minggu ada panggilan dari Perusahan Alas Kusuma Group untuk kerja di Perusahaan itu, (coz wktu scol magang 2 x di PT itu) namun tidak terlalu ku tanggapi. Kursus yang berbau computer diberbagai tempat tiap hari aku jalani selama beberap bulan, untuk mencari keterampilan lain, Selesai kursus Komputer ternyata aku langsung ditarik si Pengajar NURYANTO, ST untuk jadi Operator di warnet nya (Borneo Source Computer) nggak sendiri sih berdua dengan Bronx Eris (nama FBnya) teman se Kursusan, Spontan aku bertanya “nggak salah ne bang, milih saya  buat jadi OP net nya?? Ternyata eh ternyata kami berdua termasuk murid yang Unggul dari sekian banyak teman kursus jawabnya, padahal kami berdua termasuk Junior lho.. dengan Enjoy n Happy aku jalani kerjaan yang halal ini, setelah berapa bulan berjalan menjadi OP BSC_NET, terdengar kalau Pemda Kab. Kayong Utara membuka Penerimaan Tenaga Honor, ortu ku pun mendukung terus aku masukan lamaran dan mengikuti Tes, selang beberapa hari ada juga tawaran dari Dinas Pekerjaan Umum Ketapang untuk jadi tenaga honor di dinas terkait, aku juga masukan lamaran (pasti diterima sih) n udah ditanya kapan mau masuk kerja?? Toeng*%^@&?? aku bingung karena di KKU masih 5 hari lagi pengumuman hasil tes, selang 5 hari kemudian Pemda KKU pun menempelkan hasil pengumuman Tes nya, dan Alhamdulillah Aku LULUS. Sebelumnya nggak terbayang sedikit pun kalau aku bisa lulus dalam seleksi tersebut, Bayangin aja saingan Hampir 3000 orang sedangkan yang diterima Cuma 400 lebih gitu.. Subahanallah, Allah punya Kuasa. 
Aku pun memutuskan untuk kerja di KKU, satu minggu kemudian ada panggilan untuk melaksanakan tugas ternyata eh ternyata aku ditempatkan di Bagian Hukum Sekretariat Daerah (dalam hati bertanya “Waduh ne bertentangan dengan latar belakang Scol, gimana ne? apakah aku bias??), hemmm hari pertama aku mulai memasuki ruangan langsung diintrogasi sama atasan ditanya inilah, itulah terus ditanya lulusan mana? N jurusan apa? Saya dengan tegas menjawab lulusan SMK 2 Jurusan Mesin!!! Si Kepala Bagian langsung tersandar di Kursi empuknya dan bertanya dengan penuh tanda Tanya??? Koq kamu bisa masuk ke sini??,ya dengan polos aku jawab : takdir mungkin pak, lagian saya juga binggung tp saya ikutan tes lho pak.. hemm ditanya lagi sama beliau Bisa Komputer, ya saya jawab Bisa pak!! Mana bukti nya Tanya beliau lagi, saya tunjukin semua sertifikat khursus sama pengalaman kerja kalau ndak salah berarti benar ada 4 sertifikat. Beliau lalu menganggukan kepalanya,(Pusing x ya) hehe, lantas dia bilang itu meja kerjamu.. berpaling aku melihat meja kerjaku dan duduk manis tanpa disadari mata ku mulai berkaca2 serasa ingin mencucurkan air mata kebahagia disaat itu, Tanya kenapa? Karena aku teringat pada ucapanku pada ibuku waktu itu. . Yaa Allah ternyata Engkau Maha Mendengar, Maha Segala2 nya.. ucapan adalah doa teman!!! Jadi berbicara dan berdoalah yang baik2 ketika hati sedang galau.. “Setiap Fikiranmu adalah hal yang nyata”  Fikirkan yang baik, bukan yang buruk!
“Orang selalu menyalahkan keadaan
Aku tak percaya dengan keadaan
Orang yang berhasil didunia
Adalah orang yang bangkit dan mencari
Keadaan yang mereka inginkan dan
Kalau mereka tak menemukannya,
Mereka akan menciptakannya”.
Sekarang Aku hidup dengan teratur di KKU, Alhamdulillah sudah dapat membiayai kebutuhan diri sendiri. Aku tinggal bersama orang tua angkat yang sudah ku anggap seperti keluarga sendiri, begitupun sebalikya. Senin pagi sekitar jam 06:30 wib aku turun dari ketapang menuju Kayong Utara untuk melaksanakan kewajiban, setiap Jum’at sore sepulang kerja aku langsung pulang ke Ketapang lagi, Masalahnya Sabtu-Minggu libur, mending buat keluarga waktu yang ada. Oh iya aku juga di sukadana bekerja di BUNNDA_NET (warnet milik Aat Abdee Bersabda nama FB juga), Alhamdulillah buat mengisi kekosongan dimalam hari. Jadi kegiatan rutin yang sekarang dijalani pagi-sore aku mengabdi buat Pemerintah KKU dan malam harinya untuk Warnet. Aku sekarang bekerja sambil kuliah lho, walaupun kuliah  jarak jauh.. hihiii tp nggak papa buat menunjang karier kedepannya, Siapa tau kedepannya Bisa menjadi Kepala Daerah Ato Menjadi Kepala Dewan Perwakilan Rakyat di Senayan, ckakakkaka… Amin..Amin ya Robbalalamin. Ya Allah ^^. (eits.. bwt pembaca jgn manyun lho, Nasib org ngk ada yg tau).
Saat ini mungkin  sampai nanti,
Aku akan terus melaju dengan tungganganku..
Melewati jalan yang berliku.
Disini, ditempat ini..!!!
Mungkin inilah jalan yang harus ku lalui
Canda, tawa, sedih kecewa
Telah kurasakan disini, ditempat ini.
Ceritanya sampai disini dulu… Sebelum pembaca tutup saya Pribadi mau ngucapin Terima Kasih banyak udah menyempati waktu buat baca. Mohon Maaf kalau penyusunan dan gaya bahasanya masih amburadul (emang Virus), tidak sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan alias EYD. Tapi, kayanya lebih sesuai dengan EYD yang satu lagi (Ejaan Yang Dibuat-buat) hehe.
Kalau masih ada yang salah mohon di benerin, maklum saja saya juga manusia biasa yang masih belajar. Dan.. ya begitulah semoga ada sesuatu yang bisa diambil dari sepotong cerita ku ini, untuk menyemangati hari2 agar lebih baik dan lebih berarti.
Sedikit pesan dari yang nulis, jangan lupa masukannya, kirimkan saran, tinggalkan komentar atau sejenisnya. Lewat e-mail, blog, FB juga boleh… ^^

5 komentar:

riefael mengatakan...

aok la,,,,no coment no coment.....da mantab da...nyerah aq yek,,,,,ampunnnnn ayekkkkkkkkkkkkk

AYEK BORNEO mengatakan...

Hemmm riefael atena ne segitu nya... tq jank udah mampir.

Anonim mengatakan...

Makk beliaw t yeee....
Cinee kaw nen... no coment jank

Underline mengatakan...

Mantap.
pembelajaran buat saya untuk menghadapi dunia fana ini.
trims ayek

imran thaib mengatakan...

barang an am bah pade dak ade kate2,,,, aku ngape dak kau masok kan yek dalam perjalan kau...? wakakaka

Posting Komentar

 
Powered by Blogger